Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 43
Saturday, 14 July 2012 10:40

Rakor PBB Tingkat Kota Tasikmalaya

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Bertempat di Aula Rumah Makan Batara Nusantara Tasikmalaya, Rabu (04/07/2012), telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pajak Bumi dan Bangunan Triwulan II tahun 2012. Rapat tersebut membahas realisasi penerimaan PBB tahun 2012 per bulan Juni belum mencapai target yang diharapkan. sehingga perlu segera diadakan evaluasi atas kinerja seluruh kelurahan dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Peserta Rakor terdiri dari para Kolektor PBB, Lurah sekota Tasikmalaya, Para Camat serta Petugas Dinas  Pendapatan serta Kepala kantor Pelayanan Pajak Prtama Tasikmalaya, Rakor secara resmi dibuka oleh Sekretaris Kota Tasikmalaya Drs. H. Tio Indra Setiadi.

Dalam laporan Kepala Dinas Pendapatan Kota Tasikmalaya Rachmat Mahmuda, SE disampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya Rakor tersebut antara lain :

1.        menyamakan persepsi tentang upaya-upaya yang harus dilakukan untuk percepatan pelunasan PBB tahun 2012;

2.        Mengkoordinasikan permasalahan yang timbul di kecamatan, kelurahan, dan wajib pajak agar target PBB dapat tercapai;

3.        Persiapan pengalihan PBB P2 menjadi Pajak Daerah mulai 1 Januari 2013.

Tahun 2012 ini merupakan tahun terakhir pengelolaan PBB dan bangunan sektor perkotaan sebagai pajak pusat. Hal ini didasarkan atas telah disahkannya revisi Perda nomor 4 tahun 2011 tentang pajak oleh DPRD Kota Tasikmalaya, yang mengubah jadwal pengalihan pengelolaan PBB dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah, semula berlaku 01/01/2014 menjadi 01/01/2013. Beberapa keuntungan yang diperoleh Kota Tasikmalaya sebagai dampak dialihkannya PBB dari pajak pusat menjadi pajak daerah adalah meningkatnya kemandirian daerah di dalam kewenangan untuk mengelola PBB yang selama ini dikelola oleh KPP Pratama Tasikmalaya, bertambahnya PAD, dan peningkatan kualitas data Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak PBB (SISMIOP), papar Walikota Tasikmalaya dalam sambutannya. Beliau juga berharap seluruh pihak yang terkait khususnya dalam pengelolaan PBB, untuk memberikan kemampuan terbaik dalam pencapaian target PBB tepat waktu, maupun dalam proses pengalihannya menjadi Pajak Daerah.

(Sumber : Dishubkomimfo Kota Tasikmalaya)

Read 72637 times Last modified on Saturday, 14 July 2012 11:33

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.