Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 43
Saturday, 14 July 2012 11:25

Seminar Perpajakan: Budaya Taat Pajak Untuk Membangun Masa Depan Bangsa

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Selasa, 19 Juni 2012, bertempat di aula kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, bekerjasama dengan Tax Center Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, diselenggarakan Seminar Perpajakan, dengan tema “Budaya Taat Pajak untuk Membangun Masa Depan Bangsa”. Acara ini dibuka oleh Pjs. Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur II, Teguh Imam Basuki, dengan pembicara Kepala Seksi Pelayanan, Ina Nurmalawati.

Penyelenggaraan acara ini dimakusdkan untuk lebih menyadarkan masyarakat terkait ketaatan dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Hal ini sesuai dengan apa yang telah diamanatkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada acara Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun Pajak 2011 di Kementerian Keuangan bulan Maret lalu, dimana Presiden meminta petugas pajak melakukan tugasnya dengan benar, dan memberikan pelayanan terbaik kepada setiap wajib pajak. "Jangan ada penyimpangan dan tindak koruptif," kata Presiden di hadapan jajaran petinggi Kementerian Keuangan, anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, dan pimpinan lembaga tinggi negara ketika menyerahkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2011 saat itu.

Sesuai dengan amanat Presiden tersebut, acara ini diselenggarakan sebagai wujud edukasi perpajakan bagi masyarakat luas sekaligus untuk menggalang dukungan bagi terlaksananya program-program DJP dalam mengumpulkan penerimaan negara dari sektor perpajakan. Seminar ini dihadiri oleh sejumlah akademisi, baik dari pihak pengajar maupun mahasiswa dari Universitas Sidoarjo. Turut pula diundang bendahara dari berbagai instansi lokal serta UKM yang ada di Sidoarjo.

Membangun negara dari kejujuran dalam membayar pajak, pembayaran pajak susuai aturan dan sesuai nilai pembayaran sangat membantu dalam pembangunan, karena uang pajak yang dibayarkan akan digunakan untuk pembangunan sesuai dengan yang dibutuhkan, seperti pembangunan sekolah-sekolah, perbaikan jalan, perbaikan jembatan, perbaikan sarana trasportsi umum. Manfaat pajak ini disampaikan oleh berbagai panelis yang hadir pada acara seminar tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap DJP dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai institusi yang mengemban amanat untuk mengumpulkan penerimaan negara dari sektor perpajakan.

Bagi para bendahara instansi pemerintah, acara ini memberikan penyegaran terkait kewajiban perpajakan bagi bendahara. Selain memberikan informasi mengenai hal-hal teknis kewajiban perpajakan bendahara, pembicara dari pihak DJP juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa DJP terus berupaya meningkatkan pelayanan. Salah satunya adalah penyempurnaan penampilan informasi pada Situs Pajak (www.pajak.go.id) guna memberikan panduan bagi bendahara pemerintah. Terkait pembayaran pajak, pembicara menyampaikan bahwa pemerintah telah menunjuk Bank Persepsi sebagai tempat pembayaran pajak, yang informasinya juga dapat diperoleh dari Situs Pajak. Dengan demikian penjelasan ini diharapkan dapat mengubah pemahaman yang masih keliru di masyarakat terkait pembayaran pajak yang tidak dilakukan di kantor pajak, melainkan ke bank persepsi yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Sumber

Read 91467 times Last modified on Saturday, 14 July 2012 11:35

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.